Skip to main content

Tantangan Konsistensi bagi Seorang Blogger

Jika anda pernah membaca artikel kami terdahulu: Sikap Mental yang perlu dimiliki seorang Blogger, Saya pribadi sangat terkejut.. kenapa halaman ini telah di buka lebih dari 15ribu kali, meskipun halaman ini sudah saya perbaharui kembali, pada hal halaman tersebut merupakan minor, tidak banyak yang artikel tentang blogging termuat pada blog ini. Artikel ini saya muat ketika saya sedang menghadapi "Mental Down" dan benar benar Artikel ini di buat dengan rasa tidak Percaya Diri pada awalnya, melainkan hanya sebagai Motivasi bagi Diri sendiri..

Tantangan Konsistensi bagi Seorang Blogger

Sebuah Bisnis apapun tentu memiliki Proses dan Tantangan dalam bertumbuh kembangnya. Tantangan terberat pada seorang Blogger adalah bukan saja pada Eksestensi melainkan Konsistensi. Sebagai contoh: Blog DeepMechines.com ini, pada awal awalnya hanyalah sebagai Eksistensi, bahwa saya juga bisa membuat dan memiliki sebuah blog, dan kemudian mengisinya dengan konten apa saja yang saya suka dan begitu membanggakannya, hingga saya tertegun sejenak.. ketika seorang teman blogger saya menegur dan menyarankan untuk mempelajari agar blog tersebut dapat menghasilkan uang..
Motivasi untuk Menghasilkan Uang dari Blogger / Bisnis Online
Illustration: Bisnis Online, Imagae Source: www.freedigitalphotos.net
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka selama bertahun tahun saya tersesat jauh memasuki Dunia Online ini, dari: Bisnis Affiliasi (lokal / internasional) selama kurang lebih 2 Tahun berkutat di bisnis Affiliasi tanpa membuahkan hasil sepeser pun, saya menghabiskan banyak Waktu, Uang, Belajar SEO, sekali lagi.. selama 2 Tahun tidak menghasilkan apapun dari Bisnis Affiliasi ini.. apakah saya akan Menyerah..?

Jawabannya adalah: Tidak.. karena juka saya Menyerah dari dulu, Tidak Mungkin Artikel di Blog ini sampai kepada Anda dan inilah dari wujud Eksistensi blog ini, semenjak kami buat dari Tahun 2014 hingga sekarang.

Tantangan Berat bagi Blogger untuk Konsisten, Terus memberikan Informasi yang Bermanfaat bagi Pembacanya

Tidak dapat dipungkiri, untuk dapat Menghasilkan Uang dari Blog memerlukan Proses bahkan mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama / bertahun tahun, hal ini terjadi juga pada saya.. sekitar tahun 2014 yang lalu, sehingga saya menemukan komunitas "Indonesian Adsese Publisher Discussion (IAPD)" di Intenet, bahkan pada awal awalnya saya sempat di tertawakan, namun bukan untuk merendahkan.. karena sebelum itu saya taunya, bahwa: Google Adsense itu hanya untuk Blog berbahasa Inggris, dan saya juga di beri tahu, bahwa: Adsense sudah bisa mempergunakan Blog berbahasa Indonesia semenjak 2 Tahun yang lalu (dimulai tahun 2002 .. kalau tidak salah), sementara selama 2 Tahun saya sibuk berurusan dengan Affiliasi, SEO dan segala tetek bengeknya, meskipun dari sekian juta hasil pencarian sangat sering blog saya muncul di Halaman Pertama (Page One) Google, namun tetap saja tidak ada Penjualan yang saya hasilkan selama 2 tahun, sebagaimana telah saya ceritakan di bagian atas halaman ini.

Google Adsense - Tantangan Berat bagi Blogger untuk Konsisten, Terus memberikan Informasi yang Bermanfaat bagi Pembacanya

Ketiika memasuki "Google Adsense" ternyata memiliki peraturan yang cukup ketat, dan akhirnya saya harus belajar lebih banyak lagi dan mungkin ini memiliki cerita cukup panjang hingga akun dapat di setujui sebagai "Publisher" Google Adsense tersebut.

Di Google Adsense pada awalnya sangat menyenangkan, karena Pendapatan dapat di Monitor setiap saat, hal ini membuat saya semakin termotivasi untuk terus menjaring Pengunjung sebanyak banyaknya, puncaknya.. ketika Blog ini Fokus pada Niche (topik) Perbaikan Perangakat Elektronika / Televisi, dengan Page View (PV) hampir 10.000/hari sebelum akhirnya Down kembali.

Apakah yang menjadi Penyebab Blog tersebut menjadi Down kembali..?

Saya memang cukup kesal, karena ratusan artikel saya dengan mudah di copy paste oleh (beberapa) Blogger lain, namun anehnya.. malah blog tersebut malah bercokol di halaman pertama, sebenarnya saya punya hak untuk melaporkannya ke Pihak Google, namun itu tidak saya lakukan.. saya masih meyakini ROBOT Teks Google adalah Mesin Telusur Cerdas, yang dapat membedakan Artikel yang Original dengan Artikel yang tidak Original (copy paste).

Selain itu, saya menyadari.. Blog ini sudah tidak Fokus lagi ke satu topik tertentu (niche), sehingga cukup sulit untuk bersaing, sehingga sangat wajar jika Artikel pada blog ini sudah jarang sekali menempati posisi Halaman Pertama Mesin Pencari Google.

Tantangan Berat bagi Blogger untuk Konsisten untuk terus Memuat Konten yang Bermanfaat bagi Pengunjung Blog

Dari cerita singkat di atas, bagaimana Membangun dan Mengelola sebuah Blog agar tetap Eksis dan Tantangan Terberatnya adalah Konsistensi.. ketika Harapan tidak sesuai dengan Kenyataan.

Sebagaimana mungkin pernah di alami Blogger Professional sekalipun, pada awal awalnya mereka memang penuh dengan Perjuangan untuk meraih Kesusksesan, terlalu panjang jika di ceritakan semuanya, namun dari cerita singkat di atas.. mungkin dapat menjadi gambaran terutama bagi kita sebagai Blogger Pemula, agar dapat terus Konsisten memberikan yang terbaik bagi Pembacanya,.

Mengelola sebuah Blog agar terus Tumbuh dan Berkembang memerlukan Konsistensi

Blog merupakan sebuah Media, Kunci Keberhasilan sebuah Blog adalah pada Pengunjungnya. Sebagaimana Media lainnya, sebagai contoh: Media Televisi mereka harus membayar sewa / kontrak Satelit dengan biaya Milyaran rupiah PERTAHUN, lalu bagaimana cara mereka Mendapatkan Biaya tersebut belum lagi Biaya Operasional dan Gaji Karyawan? sedangkan Pemirsa mereka tidak diminta iuran untuk Menonton Acara yang mereka Tayangkan..

Pengelola Stasiun TV tentu akan terus Konsisten memberikan Tayangan Menarik bagi Pemirsanya, hal ini akan menarik para Advertiser (Pemasang Iklan), dari situlah para Pengelola Stasiun Televisi mendapatkan Biaya untuk segala hal tersebut di atas, Tayangan televisi pun memiliki rating tertentu, semakin tinggi rating Tayangan Acara tersebut maka akan semakin di buru oleh para Advertiser untuk memasang Iklan di Acara tersebut, hal ini akan membuat Nilai Jual Iklan semakin Tinggi (mahal). Selain itu.. Biaya Iklan akan semakin Mahal pada Jam jam tertentu atau disebut dengan "Prime Time" dengan perkiran dari Jam 05.00 Sore hingga 10.00 Malam, karena pada rentang waktu tersebut biasanya waktu berkumpul Keluarga yang memiliki banyak kecendrungan Menonton Televisi.

Hal ini hampir serupa dengan Media blog, Blogger seharusnya memberika Informasi yang bermanfaat dan berkesan bagi Pengunjung blog, jika pemilik Blog adalah seoerang Publisher dari Google Adsense maka Penghasilan anda tergantung dari Klik (CTR - Click to Rate & CPC - Cost per Click) dan Perseribu Putaran (RPM - Rotation Per Million) Tayangan Iklan yang di dapatkan dari banyaknya Visistor yang berkunjung ke Blog / Website tersebut.

Demikian Informasi ringan, tentang; Bagaimana Pentingnya Konsistensi yang merupakan salah satu tantangan terberat bagi seorang Blogger, ini untuk Motivasi Diri, agar kita tetap terus Berkarya memberikan yang Terbaik yang kita bisa dan Bermanfaat bagi Orang lain dan kita pun akan memperoleh hasil yang sesuai dengan jerih payah yang telah kita lakukan.. Insya Allah.. ;)

Popular posts from this blog

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test

LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test Please Visit us : πŸ‘‡..πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ πŸ“‘FB -  Ahou1ChiBan - Koko AHOU GUNADY DJ Borneo πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ πŸ“£ Youtube Channel - DJ MN Auliya Ahaw Anshar Elhamy Al Badali STi