Skip to main content

Perkembangan UKM di Indonesia

UKM atau Usaha Kecil dan Menengah memegang peran yang cukup strategis dalam Membangun Perekonomian Nasional. Karena itu di samping berperan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi juga membantu dalam menyerap Tenaga Kerja, UKM juga turut andil dalam mendistribusikan barang-barang kebutuhan kepada masyarakat luas. Yang menarik di sini adalah fakta bahwa: UKM mampu bertahan saat negara kita dihantam krisis Moneter padahal banyak pelaku usaha besar yang sampai gulung tikar dan terpaksa berhenti beroperasi karena melambungnya harga barang komoditas yang tidak dibarengi dengan tingginya permintaan pasar yang membuat daya beli menjadi lesu dan perusahaan tersebut pun tidak mendapatkan profit.

Perkembangan UKM di Indonesia

Mengetahui Sejarah UKM di Indonesia
Bisnis UKM / UMKM di Indonesia
UKM di Tengah Krisis Moneter dan Keterpurukan Perbankan

Ada beberapa alasan yang menjelaskan bagaimana bisa UKM tetap bertahan di tengah-tengah krisis moneter yang sempat menghantam perekonomian negara kita, yaitu:
  1. Pada kebanyakan / umumnya, UKM memproduksi kebutuhan barang Konsumsi juga kebutuhan Jasa yang elastisitas permintaannya terhadap pendapatan, yang tidak terlalu tinggi alias rendah. Oleh karena itulah tingkat pendapatan masyarakat menjadi tidak terlalu banyak memberikan pengaruh pada permintaan barang-barang yang dihasilkan.
  2. Implikasi dari keterpurukan pada sektor perbankan dan juga kenaikan suku bunga juga tak banyak memberikan dampak kepada sektor ini. Berbeda sekali dengan sektor perbankan yang mengalami masalah maka UKM pun akan ikut terganggu dalam operasionalnya sementara itu untuk usaha yang skalanya lebih besar bisa bertahan.
  3. Di negara kita sendiri sebagian besar dari UKM masih memakai Modal sendiri yang berasal dari tabungan pribadi dan akses terhadap perbankan juga bisa dikatakan masih rendah.  Ini bisa dilihat saat terjadi krisis global belum lama ini di mana UKM hadir sebagai salah satu solusi atas sistem perekonomian sehat.

    Peranan UKM di Sektor Industri dan bidang Pembangunan Ekonomi Negara

    UKM juga menjadi sektor Industri yang tidak banyak terkena dampak dari krisis global tersebut yang melanda sektor industri dan perekonomian di banyak negara di dunia. Melihat bukti ini maka sudah jelas jika UKM pantas untuk diperhitungkan dalam hal untuk menambah Daya saing pasar dan sebagai Stabilisasi dari Sistem Ekonomi yang telah ada.

    Dewasa ini, perkembangan bisnis UKM telah meningkat dengan begitu pesatnya. Bahkan beberapa UKM telah mendaftarkan diri ke beberapa situs online untuk memasarkan produknya.

    Dalam bidang Pembangunan Ekonomi, UKM juga sering digambarkan sebagai salah satu sektor yang memiliki peranan penting sebab hampir sebagian besar jumlah penduduknya memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan mereka hidup dengan mengandalkan usaha dalam skala kecil baik itu di sektor tradisional atau modern.

    Bagi yang tertarik untuk memulai bisnis UKM ini akan sangat terbantu dengan adanya Penyuluhan-penyuluhan sampai diberikannya bantuan Modal yang diberikan lewat Bank. Karena itu mari kita galakkan semangat untuk berwirausaha kepada masyarakat demi memacu roda perekonomian bangsa.

    Halaman selanjutnya: 

    Popular posts from this blog

    Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

    Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

    Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

    Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

    LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test

    LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test Please Visit us : πŸ‘‡..πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ πŸ“‘FB -  Ahou1ChiBan - Koko AHOU GUNADY DJ Borneo πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ πŸ“£ Youtube Channel - DJ MN Auliya Ahaw Anshar Elhamy Al Badali STi