Skip to main content

4 Tips / Cara Mengatur Keuangan di Bisnis UKM anda

Saat ini, bisnis UKM memang telah banyak berkembang di Masyarakat. Ada banyak pula yang mulai merintis bisnis skala kecil mereka. Namun, sayangnya banyak bisnis kecil tersebut yang cepat bangkrut. Ada banyak hal yang membuat bisnis kecil ini harus gulung tikar. Salah satu penyebabnya adalah karena Keuangan Usaha yang kurang baik.
Seperti yang kita tahu bahwa Keuangan pada sebuah Bisnis yang dijalankan adalah hal yang sangat krusial bagi Keberlanjutan dari Bisnis / Usaha tersebut, dengan Keuangan yang diatur secara Baik dan Benar, tentu saja diharapkan agar sebuah "Bisnis UKM" bisa bertahan bahkan dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang lebih besar lagi. 

Beberapa Tips / Cara Mengatur Keuangan pada Bisnis UKM anda

UKM dan Manajemen Keuangan pada Bisnis / Usaha Kecil Mandiri
Mengatur Keuangan di Bisnis UKM
Bagi anda yang memiliki bisnis UKM, kini anda tidak usah risau mengenai "Cara mengatur Keuangan" dari bisnis anda tersebut. Mengapa?, Hal ini dikarenakan anda bisa mendapatkan Informasi tentang Cara Mengatur Keuangan Bisnis kecil-kecilan disini. Berikut beberapa "Tips / Cara yang dapat dilakukan untuk Mengatur Keuangan di Bisnis UKM" tersebut, yaitu:

1. Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Bisnis

Tips pertama yang dapat anda lakukan adalah anda harus memisahkan "Uang Pribadi" anda dengan "Uang Bisnis". Jangan campurkan kedua uang ini, karena bisa jadi anda akan memakainya untuk keperluan pribadi, sehingga bisnis anda akan terganggu. Anda bisa membuka "Rekening Khusus" untuk bisnis anda agar uang bisnis tidak akan tercampur dengan uang pribadi anda.

2.Menggunakan software Manajemen Keuangan

Ada pula tips lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan software "Manajemen Keuangan". Adanya software ini pastinya akan membantu anda dalam mengolah Keuangan dalam bisnis anda. Software ini dapat anda beli dengan harga yang bervariasi.

3. Menggunakan pihak Ketiga

Anda pun bisa menggunakan jasa "Pihak Ketiga" yaitu: Orang yang memiliki latar belakang Pendidikan Ekonomi dan mengetahui Manajemen Keuangan. Untuk usaha kecil, menggunakan pihak ketiga mungkin akan sangat berat dalam hal gaji, maka dari itu, anda bisa belajar untuk mengatur keuangan bisnis anda sendiri terlebih dahulu.

4. Mencatat setiap Transaksi

Tips terakhir yang harus anda lakukan dalam mengatur keuangan bisnis anda ialah dengan "Mencatat semua Transaksi" yang telah dilakukan. Disini, beberapa hal yang jangan sampai anda lupa untuk mencatatnya adalah: Uang Masuk (pemasukan) dan Uang Keluar (pengeluaran), Persediaan barang (stok), Transaksi Jual dan Beli, Hutang Piutang, dan juga Uang Laba dari hasil penjualan, agar setiap hasil dapat dipertanggung jawabkan secara terperinci, ini sangat berguna untuk mengetahui perkembangan Usaha anda sekarang dan waktu kedepannya.

Dengan melakukan semua tips untuk atur keuangan bisnis UKM seperti yang telah dijelaskan di atas, maka diharapkan kita dapat mengolah uang bisnis anda. Dalam hal ini, tentu saja anda memiliki kesempatan untuk bisa mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar dan juga bisnis anda pun akan terhindar dari yang namanya kebangkrutan.

Halaman selanjutnya: 

Popular posts from this blog

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test

LineAge II Revolution 2018 - with Ahou1ChiBan of Game Playing Test Please Visit us : πŸ‘‡..πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ πŸ“‘FB -  Ahou1ChiBan - Koko AHOU GUNADY DJ Borneo πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ πŸ“£ Youtube Channel - DJ MN Auliya Ahaw Anshar Elhamy Al Badali STi