Skip to main content

Panduan Dasar Blogger Khusus untuk Pemula Sekali (Hal. 2) | Dashboard Blogger - Menu Postingan

Pada halaman terdahulu: Panduan Dasar Blogger Khusus Pemula (Hal 1) telah dijelaskan, Bagaimana Cara Memuat Konten / Artikel di halaman Dashboard Blogger tersebut, berikutnya adalah:

Menu Utama di Dashboard Blogger

DASHBOARD BLOGGER merupakan PANEL utama dari platform BLOGGER, serupa dengan Cpanel pada sebuah Website, meski tidak sekomplit Cpanel umumnya pada sebuah website, namun Panel yang ada pada Dashboard Blogger ini sudah cukup memadai, disamping itu lebih simpel dan sanat cocok bagi Pemula yang baru belajar Blogging, tanpa harus ribet dengan segala pengaturan Hostingnya.
Panduan Dashboard Blogger - Cara Membuat, Mengedit, Menghapus Postingan
Illustration: Blog | Image source by: www.FreeDigitalPhotos.com
Sebagaimana kita ketahui bersama, platform blogging menggunakan Blogger ini menggunakan sub-domain dari Blogspot dan menggunakan Hosting gratis dari Google, dimana seorang Pengguna akun Google dapat memuat Konten / Posting berupa: Teks, Gambar ataupun Video pada platform BLOGGER tersebut, BLOGGER dan YOUTUBE adalah satu akun dengan GMAIL, GOOGLE DRIVE, GOOGLE+ yang kesemuanya itu dapat di akses oleh Pengguna akun Google.
Pada DASHBOARD BLOGGER, Pengguna akun Google dapat melakukan beberapa Konfigurasi Tampilan (themes), Membuat Posting, Menambahkan Widget, Navigasi dan beberapa Konfigurasi lainnya, Berikut selengkapnya terkait PANEL UTAMA yang terdapat pada DASHBOARD BLOGGER tersebut:
Cara Membuat / Mengedit, Menghapus Positng di Blogger
DASHBOARD BLOGGER - Menu POSTINGAN
  • POSTINGAN - Menu ini digunakan untuk: Membuat Posting Baru / Mengedit / Menghapus Posting yang Lama dan beberapa pengaturan lain terkait Konten ataupun Postingan yang terdapat di halaman blog tersebut. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - POSTINGAN)
  • STATISTIK - Menu ini digunakan untuk Melacak Lalu Lintas (trafik) dari Pengunjung Blog tersebut, seberapa banyak lalu lintas pengunjung perhari / perminggu / Perbulan serta dari Wilayah mana sumber Pengunjung Blog tersebut dan berbagai Informasi satatistik lainnya. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - STATISTIK)
  • KOMENTAR - Menu ini digunakan untuk Menjawab langsung Pertanyaan / Komentar / Saran  yang disampaikan oleh Pengunjung Blog menuju Halaman terkait. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - KOMENTAR)
  • KAMPANYE - Menu ini disediakan Google untuk Pemilik blog, jika ingin melakukan Pemasangan Iklan (Promosi) tentang Layanan ataupun Produk yang di tawarkan pada Blog tersebut, Pemilik Blog akan diminta Pembayaran, dalam hal ini Pemilik blog disebut sebagai ADVERTISER (Pemasang Iklan). Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - KAMPANYE)
  • HALAMAN - Menu ini merupakan "NAVIGASI" untuk blog tersebut, di mana umumnya Menu HALAMAN (page) ini merupakan Topik Utama / Penting dari keseluruhan Konten, Artikel ataupun Informasi yang terdapat pada Blog tersebut. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - HALAMAN)
  • TATA LETAK - Menu ini digunakan untuk Konfigurasi pada Blog tersebut, seperti: Menambahkan Widget baik yang sudah tersedia pada Blogger tersebut ataupun untuk menambakan Widget dari sumber lainnya menggunakan Kode HTML ataupun JavaScript. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - TATA LETAK)
  • TEMA - Menu ini digunakan untuk Mengganti Template yang di pergunakan saat ini dengan Template (themes) yang lain, baik sudah tersedia pada Blogger tersebut ataupun menggunakan Template dari luar sesuai dengan yang di keinginan. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - THEMES / TEMPLATE)
  • SETELAN - Menu ini digunakan untuk Konfigurasi Penting pada Blog tersebut termasuk untuk Costum Domain dan lain sebagainya. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - SETELAN)
Demikian beberapa "FITUR / PANEL" penting yang terdapat pada Dashboard platform Blogger tersebut, halaman berikutnya lebih rinci terkait beberapa hal tersebut di atas..

Dashboard Blogger - Menu Postingan

Pada Menu Postingan yang terdapat pada "Dashboard Blogger" ini, Pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan untuk Konten yang akan di muat pada halaman blog tersebut, seperti:
  • Membuat Posting baru
  • Mengedit Postingan lama
  • Menghapus Postingan terdahulu
  • Membuat Draft Posting untuk dipublikasikan kemudian
Halaman Selanjutnya:

Popular posts from this blog

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

(mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?)

DeepMechines blog - Artikel Motivasi & Spiritual . Pada sebelumnya teleh dijelaskan, bahwa: .. di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena lebih berat, oleh karena itu.. pada Lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud cair dan memiliki suhu 4oC, Hal yang hampir serupa terjadi pada musim Dingin., dimana bagian dasar Danau dan Sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan (karena hanya bagian atas airnya yang membeku, sedangkan di lapisan terbawah bersuhu  4oC  masih memungkinkan adanya kehidupan bawah air), lihat halaman:  Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara . Lantas.. (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?) Sifat Air yang lain adalah Penguapan dan Pembekuan yang lambat (perlahan). Telah diketahui bahwa pada Musim Panas, Pasir cepat memanas pada siang hari dan juga cepat mendingin pada malam hari. Sebaliknya, suhu Air Laut hanya berubah sekitar 2oC hingga 3oC saja antara Siang dan Malam. Ha