Skip to main content

Beberapa Faktor Penyebab Kanker

Pada halaman terdahulu Kenali Gejala dan Macam Kanker, sedikit memberikan gambaran pada kita, bahwa ada cukup banyak varian dari penyakit kanker ini, baik yang ringan hingga kanker ganas atau di kenal juga dengan istilah "Tumor Ganas", lalu beberapa keterangan di bawah ini, akan menerangkan apa apa saja yang "Menyebabkan Kanker" tersebut.

Beberapa Hal dan Faktor penyebab Penyakit Kanker

Ilustrasi - Sel Kanker - Sumber: http://www.freedigitalphotos.net
Kanker dapar di sebabkan beberapa faktor dan/atau gabungan dari beberapa faktor. Tapi ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker, seperti keterangan di bawah ini:

1. Faktor Keturunan

Faktor Keturunan atau Faktor Genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 hingga 3 x  jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

2. Faktor Lingkungan

Beberapa kegiatan, tanpa kita sadari, juga dapat mengundang resiko tumbuhnya kanker, yaitu:
  1. Merokok
  2. Meningkatkan resiko kanker paru - paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.
  3. Sinar Ultraviolet dari matahari.
  4. Radiasi Ionisasi dalam sinar rontgen yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga Nuklir dan ledakan bom AtomFaktor Makanan yang mengandung bahan kimia.

3. Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia

Hati-hati memilih makanan. Tidak semua makanan sehat lo! Beberapa jenis makanan ternyata bisa memyebarkan surat undangan untuk kanker agar hinggap di tubuh kita.

    4. Virus

    Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain :
      1. Virus Papilloma, menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) juga dicurigai salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.
      2. Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah).
      3. Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.
      4. Virus Epstein - Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi karena faktor lingkungan dan genetik.
      5. Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.

                5. Infeksi

                  1. Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebabkan kanker.
                  2. Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
                  3. Helicobacter Pylori adalah bakteri yang dicurigai penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.

                        6. Faktor perilaku

                        Merokok, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan, peminum minuman beralkohol, melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan beresiko lebih tinggi terkena kanker.

                        7. Gangguan keseimbangan Hormonal

                        Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. Hal itu terjadi karena hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan.

                        Kaum hawa yang menstruasi memiliki kadar estrogen yang tinggi. Maka wanita yang mengalami menstruasi dini dan mencapai menopause lambat memiliki resiko terbentuk kanker payudara lebih tinggi. Terlambat mengandung atau tidak memiliki anak juga dapat meningkatkan resiko penyakit kanker payudara.

                        Namun, kabar baiknya, wanita yang menyusui selama paling sedikit 6 bulan berturut turut dan wanita yang hamil beberapa kali, mempunyai resiko lebih rendah terkena kanker payudara. Karena, pada saat kehamilan dan menyusui Hormon progesterone, hormon yang bersifat protektif terhadap kanker yaitu dengan menghambat efekstimulasi estrogen akan mejadi semakin meningkat.

                        8. Faktor Kejiwaan/Emosional

                        Stress; dendam; kebencian yang mendalam dan sakit hati; dapat menyebabkan atau memperberat kanker. Gangguan emosi ini dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menjadi pemicu kanker stress yang berat.

                        9. Radikal bebas

                        Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Misalnya: Radikal bebas yang terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.
                        1. Radikal bebas yang terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.
                        2. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.
                        3. Radikal bebas yang terproduksi pada waktu kita makan berlebihan maupun dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis.

                        Halaman selanjutnya: "Pencegahan Penyakit Kanker".

                        Ucapan Terima Kasih kepada:
                        Kunjungi juga:
                        Sumber gambar: http://www.freedigitalphotos.net

                          Popular posts from this blog

                          Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

                          Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

                          Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

                          Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

                          (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?)

                          DeepMechines blog - Artikel Motivasi & Spiritual . Pada sebelumnya teleh dijelaskan, bahwa: .. di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena lebih berat, oleh karena itu.. pada Lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud cair dan memiliki suhu 4oC, Hal yang hampir serupa terjadi pada musim Dingin., dimana bagian dasar Danau dan Sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan (karena hanya bagian atas airnya yang membeku, sedangkan di lapisan terbawah bersuhu  4oC  masih memungkinkan adanya kehidupan bawah air), lihat halaman:  Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara . Lantas.. (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?) Sifat Air yang lain adalah Penguapan dan Pembekuan yang lambat (perlahan). Telah diketahui bahwa pada Musim Panas, Pasir cepat memanas pada siang hari dan juga cepat mendingin pada malam hari. Sebaliknya, suhu Air Laut hanya berubah sekitar 2oC hingga 3oC saja antara Siang dan Malam. Ha