Skip to main content

Hard Disk Drive (HDD / Hardisk Drive) dan Sejarah Perkembangannya

Hard Disk Drive (HDD) yang umum disebut Hardisk ini merupakan Perangkat Keras (Hardware) dari sebuah System Digital / Komputer. Hardisk digunakan sebagai Penyimpan Data (storage) berupa Cakram / Piringan Magnetis (rotational) pada sebuah System Komputerisasi / Digital.

Hardisk sangat umum digunakan pada perangkat Komputer dengan besaran kapasitas Gigabyte  (GB) hingga Terabyte (TB) pada masa sekarang ini. Kapasitas umum penggunaan Hardisk pada perangkat komputer (PC) adalah: 40GB, 80GB, 120GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1000GB (1TB).

Penggunaan Hardisk untuk perangkat system Digital sekarang ini, diantaranya adalah: Penyimpan File rekaman Audio / Video (data) pada perangkat: Digital Video Recorder untuk kamera CCTV, lihat halaman: Perawatan Perangkat Keamanan - Digital Video Recorder dan konsol game, seperti: PlayStation (PS) dll.

Sejarah Singkat Penggunaan Hard Disk Drive (HDD / Hardisk)

Pada masa awalnya Hardisk drive memiliki bentuk Fisik yang besar, sebagaimana informasi situs Wikipedia Indonesia:
Hard Disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram Padat atau lebih familiar desebut dengan Hadisk ini, di zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar Hardisk saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. (Wikipedia: Cakram Keras)
📌 Awal ditemukan pada Tahun 1956 tersebut, Cakram Padat yang  di beri label: IBM 350 RAMAC merupakan Hard Disk pertama yang dipergunakan perusahaan komputer IBM sebagai Media Penyimpan Data (storage) pada sysstem komputer mereka. IBM 350 RAMAC masih berukuran sangat besar dari segi Fisik dan Bentuknya, yaitu: sebesar 2 x Lemari Pendingin dengan Kapasitas 5.6 Juta karakter atau setara dengan 3.74 Juta Bit 8 Byte, sebagai gambaran: 1 Mb (megabyte) = 1.000.000 Bytes.

📌 Selanjutnya pada Tahun 1961, IBM kembali memperkenalkan Cakram Padat dengan Model 1311 yang dapat menyimpan data 2 Juta karakter dengan bentuk / fisik sebesar Mesin Cuci sekarang.

📌 Pada Tahun 1973, IBM memperkenalkan Model dan Jenis terbaru yang di beri kode nama: WINCHESTER. Cakram padat "Winchester" jenis pertama menggunakan plat cakram berdiameter 14" atau 360 mm. Kemudian, desainer mencoba memperkecil ukuran plat untuk menambah keuntungan. Cakram tetap dibuat menggunakan plat berukuran 8" sehingga cakram keras bisa berukuran 5 1/4" atau 130 mm dan dapat dipasang pada dudukan pembaca disket. Yang terakhir ini ditujukan untuk pasar komputer pribadi (PC)

📌 Pada permulaan Tahun 1980-an mulai digunakan Model yang mudah dibongkar pasang yang memungkinkan dan menjadi keharusan penggunaan Instalasi Komputer dengan Kapasitas hingga 300MB.

Cakram keras luar tetap populer lebih lama pada Apple Macintosh. Setiap Mac buatan tahun 1986 sampai 1998 memiliki sebuah port SCSI di bagian belakang supaya penambahan cakram luar lebih mudah. Masalahnya Compact Mac tidak mungkin dipasang pada dudukan cakram keras seperti pada kasus Mac Plus atau dudukan cakram keras umumnya. Makanya pada model tersebut, tambahan cakram keras SCSI pemakaian luar menjadi pilihan yang masuk akal.
Pengenalan Perangkat Hardware Komputer Hard Disk Drive (HDD)
Hardisk | Hard Disk Drive (HDD)
Mengikuti kepadatan Media Penyimpanan (storage) yang meningkat dua kali lipat setiap 2 sampai 4 tahun sejak awal ditemukan, cakram keras terus berkembang karakteristiknya, dengan sedikit poin penting sebagai berikut :
  • Kapasitas per cakram bertambah dari 3,75 MB menjadi 4 TB atau lebih, meningkat jutaan kali lipat.
  • Ukuran fisik cakram keras berkurang dari 1,9 m3 (setara dengan dua buah lemari pendingin) menjadi kurang dari 20 mm
  • Berat berkurang dari 920 kg menjadi 48 gram.
  • Harga berkurang dari USD 15.000 per MB menjadi kurang dari USD 0.00006 per MB
  • Waktu akses rata-rata berkurang dari 100 millidetik menjadi 40 kali lebih cepat.
Aplikasi pasar berkembang dari komputer mainframe pada akhir tahun 1950 ke berbagai aplikasi penyimpanan data termasuk konten hiburan.

Halaman sebelumnya:

Sumber Halaman:
Wikipedia: Cakram Keras |  Link: https://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras

Popular posts from this blog

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

(mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?)

DeepMechines blog - Artikel Motivasi & Spiritual . Pada sebelumnya teleh dijelaskan, bahwa: .. di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena lebih berat, oleh karena itu.. pada Lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud cair dan memiliki suhu 4oC, Hal yang hampir serupa terjadi pada musim Dingin., dimana bagian dasar Danau dan Sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan (karena hanya bagian atas airnya yang membeku, sedangkan di lapisan terbawah bersuhu  4oC  masih memungkinkan adanya kehidupan bawah air), lihat halaman:  Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara . Lantas.. (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?) Sifat Air yang lain adalah Penguapan dan Pembekuan yang lambat (perlahan). Telah diketahui bahwa pada Musim Panas, Pasir cepat memanas pada siang hari dan juga cepat mendingin pada malam hari. Sebaliknya, suhu Air Laut hanya berubah sekitar 2oC hingga 3oC saja antara Siang dan Malam. Ha