Skip to main content

Cara Pasang Gacun untuk TV dan Perangkat Elektronika Lainnya

Bagi kalangan Teknisi TV, Power Switching merek "Gacun" ini, mungkin sudah tidak asing lagi mendengarnya, ya.. Power Swiching "Gacun" ini disebut juga dengan "Universal Power Supply Module" adalah sebagai alternatif lain, ketika Power Supply pada sebuah Perangkat Elektronik (TV, Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll) tersebut, sudah terlalu/cukup sulit untuk di perbaiki, maka.. Power Switching "Gacun" ini, bisa di jadikan sebagai Alternatif pengganti Power Supply pada Perangkat elektronik tersebut. Power Switching/Regulator merek Gacun ini mempergunakan Power MosFET K1162, K1164 atau yang sejenis untuk Televisi 14" -21", dan MosFET TRF P450 atau yang sejenis untuk Televisi 25" hingga 29".

Cara Mudah Memasang Gacun Power Switching pada Perangkat Televisi (TV)

Cara Memasang Power Switching Gacun pada Perangkat Televisi
Power Switching merek"Gacun"
Beberapa Keuntungan menggunakan Power Switching "Gacun" ini adalah:
    • Proses pengerjaan relatif singkat (10 hingga 30 Menit), sehingga akan lebih menghemat waktu.
    • Desain Power Switching "Gacun" ini, lebih kecil dengan sedikit kabel, sehingga penempatan posisi lebih mudah dan simpel.
    • Tegangan berjalan simetris, sehingga apabila tegangan utama (B+) di set (dengan cara memutar Trimpot) sesuai dengan standar, maka tegangan pengikut (tegangan untuk rangkaian Program, Video, Audio), akan sesuai pula dengan standar (tidak over voltage/kelebihan tegangan pada salah satunya).

      Petunjuk singkat Cara Memasang Power Switching "Gacun" pada sebuah Perangkat Televisi (TV)

      Jika terjadi kerusakan Power Supply/Power Regulator pada perangkat televisi, kemudian di rasa mungkin sudah sangat/cukup sulit untuk di perbaiki lagi, terlebih lagi si Pengguna (User) TV tersebut, ingin secepatnya televisi tersebut selesai di perbaiki, maka.. Memasang Power Switching "Gacun", ini adalah salah satu jalan untuk itu. Pada kali ini, kami mendapatkan bahan percobaan sebuah Televisi merek Polytron 14-Inch dengan Model: PN 14123KA.

      Harap di catat..! bahwa: Televisi merek Polytron, mempunyai daya pompa (Pump Efect) yang cukup kuat pada Audio, karena memiliki Daya Power Audio (Watt) yang cukup besar, terutama pada rangkaian Sub-woofer nya, sehingga.. kekuatan dan kestabilan Power Supply bawaan adalah lebih baik, namun jika terpaksa harus menggantinya, berikut langkah langkah pemasangan "Pemasangan Power Switching merek Gacun" tsb.
        • Lepaskan Transistor/Fet Utama yang ada pada pada Power Regulator TV tersebut.
          Petunjuk Cara Memasang Power Switching Gacun pada Perangkat Televisi
          Power Regulator TV Polytron 14" Model: PN 14123KA
            • Pada lobang (hole) Collector (Transistor) atau pada lobang (hole) Drain (jika power regulator tersebut menggunakan jenis Mosfet/Fet), umumnya pada bagian tengah bekas kaki komponen tsb, kemudian.. hubungkan kabel berwarna Merah (pada Gacun) ke lobang (hole) tersebut, jika power regulator menggunakan jenis  STR, silakan cari titik "Drain (D)", Pin Drain (D) ini sama dengan Pin (kaki) Collector (C) pada Transistor tunggal. Titik ini terhubung ke jalur kisaran DC +300+400V setelah melalui kumparan (L1) utama trafo switching menuju kaki Elco (+) 150mF - 220mF / 400V - 450V.
            • Selanjutnya.. hubungkan kabel berwarna Hitam (pada Gacun) ke bagian Ground Power Regulator, seperti terlihat pada gambar di bawah ini: 
            Petunjuk Pemasangan Power Switching Gacun pada Perangkat TV
            Letak / Posisi Kabel "Power Switching" Gacun
            • Kabel Warna Biru adalah Feedback yang berfungsi untuk Umpan Balik agar Tegangan Output dapat Stabil, dengan Syarat: rangkaian Feedback ini masih dapat bekerja Normal, cara pemasangannya dapat di lihat pada "Skema Diagram" yang terdapat pada paket "Gacun" tersebut, pada jenis dan model sekarang ini ada juga mempergunakan 5 Kabel dan 7 Kabel, namun Kabel Biru tersebut dapat di offline kan, jika beban yang di butuhkan tidak terlalu besar. Penggunaan yang paling berpengaruh ketika sebuah mesin televisi mempergunakan daya yang cukup kuat, semisal: Audio Subwoofer pada jenis TV Polytron 21-Inch ke atas, maka untuk mendapatkan hasil terlebih baik, maka KABEL FEEDBACK tersebut harus di pasang sesuai petunjuk yang terdapat pada paket "Gacun" tersebut, dan satu hal lagi, pemasangan tanpa menggunakan kabel biru ini, sama halnya dengan Pemasangan Power Regulator pada umumnya. sehingga dalam keadaan televisi standby, tegangan output kemungkinan akan masih ada, sehingga kami menyarankan.. agar televisi di off kan saja (melalui saklar utama), JIKA tidak dipergunakan, kabel biru ini merupakan kabel remote.. dimana ketika kabel biru ini di Nol kan maka tegangan juga akan Cut-off.
            • Sebelum pemasangan ke 2 Kabel di atas, pastikan setelan Trimpot berada pada pada posisi paling rendah (arah berlawan jarum jam), setelah itu.. baru pasangkan ke 2 Kabel posisi terlihat pada gambar dan petunjuk point 2 dan 3 di atas, jika kondisi mesin televisi tersebut "Normal", seharusnya televisi sudah dapat menyala kembali, dengan cara: Menaikan Tegangan (memutar Trimpot searah jarum jam) secara perlahan lahan.
            • Gunakan juga "Multitester" (Digital/Analog) untuk memastikan Tegangan yang keluar adalah sudah sesuai dengan yang seharusnya.
              Harap perhatikan juga: lakukan pengerjaan ini dengan hati hati.! untuk mencegah Over Voltage (Kelebihan Tegangan) yang bisa menyebabkan kerusakan selanjutnya pada mesin televisi tsb.
                • Jika ternyata Televisi sudah dapat menyala Normal kembali, anda dapat memposisikan Power Switching Gacun ini, sesuai ruang yang terdapat pada mesin Televisi, berikut letak dan posisi gacun yamg telah kami pasang pada plat pendingin (Heatsink), yang terdapat pada Power Regulator TV Polytron 14" Model: PN 14123KA ini, seperti terlihat pada gambar di bawah:
                  Petunjuk dan Cara Pemasangan Power Switching Gacun pada TV
                  Power Switching "Gacun" yang sudah terpasang pada plat Pendingin (Heatsink) Power Supply TV Polytron 14" Model: PN 14123KA
                  Catatan Tambahan
                  1. Cara Pemasangan "Power Switching" Gacun ini pada sebuah Perangkat Elektronik (TV, Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll) adalah sama, yaitu: Dengan Cara "Melepas kaki TR/STR/FET dari Titik Tegangan B+ nya dan dan kemudian menghubungkan Kabel Merah (pada Gacun) ke Titik Tegangan B+ tsb, yang membedakannya adalah Ukuran/Kekuatan dari Power Switching Gacun nya saja, sedangkan Kabel Hitam (pada Gacun) dihubungkan Ground Utama Power Supply Regulator yang terdapat pada Mesin TV tsb, sebagai gambaran.. pemasangan Power Switching merek Gacun ini pernah kami lakukan pada Power/Speaker Aktif merek Polytron model: Power Blaster + Double Woofer dengan hasil yang cukup memuaskan.
                  2. Power Switching Gacun mempunyai ukuran tertentu, antara lain untuk TV dengan Ukuran: 14" - 21" | 25" - 29" | 32" dst.
                  3. Power Switching (model / merek) Gacun ini, selain sebagai pengganti "Power Regulator TV", namun pada praktiknya, bisa juga di pergunakan untuk pengganti Power Regulator Digital Receiver, DVD, Speaker Aktif dll, sebagaimana telah disebutkan di atas, apabila perangkat tersebut menggunakan Power Supply jenis Regulator tegangan AC Automatic/Switching.
                  4. Power Switching "Gacun" ini dapat juga  dipergunakan untuk memastikan Normal atau Tidak Normalnya  Tegangan yang keluar pada "Power Regulator" TV Polytron tersebut, sebagaimana pada halaman: "Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip".
                  Petunjuk Cara Mudah Pasang Gacun ke TV, Speaker Aktif dan Elektronik Lainnya
                  Power Switching "Gacun" pada Power Aktif "POLYTRON - POWER BLASTER"
                  Lihat juga halaman terkait Power Supply/Power Regulator/Power Switching dan Gacun ini pada halaman: "Beberapa Penyebab Mati Total pada Perangkat Televisi , serta "Cara Pemasangan Power Swiching Gacun" ini pada sebuah LCD/LED Monitor di halaman: "Kerusakan Korslet Monitor LCD Compaq CQ1569". Selain itu anda dapat mengunjungi catatan perbaikan "Kerusakan Mati Total TV SHARP 14" model: 14S20MS" yang mengalami kerusakan bagian Power Regulator yang sudah diganti dengan Switching Power "Gacun", serta Memperbaiki kembali Power Regulator Asli (bawaan) pada Mesin Televisi tersebut.

                  Popular posts from this blog

                  Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

                  Sebagaimana halaman terdahulu:  Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online - Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan " AFFILIASI " ini. Pemasar Online  yang dalam hal ini disebut dengan  Affilate Marketer  akan mendapatkan beberapa  persen  dari total harga per  1   Barang  /  Produk  yang laku  Terjual . Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar  7%  hingga  12%  dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula  Komisi  yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb, selanjutnya: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing) Program "Affiliate Marketing" banyak dipih pengguna Internet dengan cara berpromosi di Sosi

                  Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)

                  Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru) , maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM  tersebut. Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll) Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya Untuk Panduan Pemasangan Yoke Defleksi ini, berikut referensinya: Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Defl

                  (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?)

                  DeepMechines blog - Artikel Motivasi & Spiritual . Pada sebelumnya teleh dijelaskan, bahwa: .. di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena lebih berat, oleh karena itu.. pada Lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud cair dan memiliki suhu 4oC, Hal yang hampir serupa terjadi pada musim Dingin., dimana bagian dasar Danau dan Sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan (karena hanya bagian atas airnya yang membeku, sedangkan di lapisan terbawah bersuhu  4oC  masih memungkinkan adanya kehidupan bawah air), lihat halaman:  Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara . Lantas.. (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?) Sifat Air yang lain adalah Penguapan dan Pembekuan yang lambat (perlahan). Telah diketahui bahwa pada Musim Panas, Pasir cepat memanas pada siang hari dan juga cepat mendingin pada malam hari. Sebaliknya, suhu Air Laut hanya berubah sekitar 2oC hingga 3oC saja antara Siang dan Malam. Ha